Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa Singgung Besaran Gaji Pejabat Hingga Anggota DPR Dapat Pensiunan

  • Oleh Donny Damara
  • 06 September 2022 - 05:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam aksi unjuk rasa yang digelar oleh mahasiswa se-Palangka Raya di depan gedung DPRD Kalteng, Senin, 5 September 2022, mahasiswa sempat menyinggung besaran gaji pejabat hingga anggota DPR mendapat pensiunan.

Menurut mahasiswa yang melakukan orasi penolakan harga BBM pada saat itu, jika pemerintah menyebut bahwa subsidi BBM membebani anggaran negara maka besaran gajih beserta tunjangan pejabat negara yang tinggi dan anggota DPRD yang mendapatkan pensiunan apakah tidak membebani negara.

"Ini yang menjadi pertanyaan kami, contohnya saja seperti BPIP atau badan pembinaan ideologi pancasila, itu pekerjaannya apa besaran gajihnya lebih tinggi daripada Presiden sekalipun khususnya ketua Dewan Pengarah BPIP, padahal pekerjaannya tidak jelas," kata salah satu mahasiswa ketika menyampaikan orasinya.

"Begitu juga dengan anggota DPR yang mendapatkan pensiunan. Padahal masa kerjanya saja hanya 5 tahun, kenapa harus mendapat pensiunan, ini yang bisa dikatakan membebani anggaran negara. Seharusnya pensiunan tersebut dihapuskan saja," tambahnya lagi dengan lantang.

Dikatakan mahasiswa yang melakuakan orasi itu, subsidi BBM yang jelas-jelas untuk memakmurkan atau mensejahterakan rakyat Indonesia tidak semestinya harus dikatakan membebani anggaran negara. Pasalnya, ada hal-hal lain yang lebih membebani dibandingkan subsidi BBM untuk rakyat.

"Sekarang ini rakyat masih susah, tambah disusahkan lagi dengan menaikan harga BBM. Kami menuntut supaya harga BBM diturunkan. Sekali lagi seharusnya gajih penyabat yang diturunkan dan hapus pensiunan anggota DPR," ucapnya.

Pada aksi itu juga mahasiswa mengancam apabila tututan penolakan kenaikan harga BBM yang disampaikan tersebut tidak ditanggapi maka pihaknya akan melakukan aksi yang lebih besar lagi sampai aspirasi tersebut dikabulkan atau direalisasi. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru