Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Agrowisata di Desa Bungai Jaya Terus Dikembangkan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 September 2022 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten Kapuas bersama Rotary Club (RC) Bandung Siliwangi RC Bandung Kota Kembang dan RC Jakarta Sunter Cintennial mensupport dan menginisiasi masyarakat untuk mengembangkan destinasi wisata di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang.

Hal itu dilakukan mengingat potensi Desa Bungai Jaya dalam hal Agrowisata dapat terus dikembangkan.

Kegiatan pengembangan yang dilaksanakan adalah hiking, yang mana petani memberikan edukasi berkebun sayur pada para wisatawan, memetik sayur sendiri dan menikmati hasil petiknya menjadi sayur yang dinikmati, kegiatan itu juga diisi dengan atraksi lomba kupas nenas yang dilakukan oleh wisatawan.

Kepala Disbudpora Kabupaten Kapuas, Suparman mengatakan langkah ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menyiapkan diri dan memberikan edukasi terkait pengelolaan potensi desa dan menjadikan Kecamatan Basarang sebagai salah satu Agrowisata Unggulan Kabupaten Kapuas.

“Dengan pengembangan agrowisata ini akan meningkatkan penghasilan para petani, tidak hanya dari hasil alam tetapi PAD utuk desa pada khususnya melalui kunjungan Wisatawan sehingga mempercepat suskesnya pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Kapuas,” kata Suparman, Senin, 12 September 2022.

Camat Basarang Mujiono juga mengatakan tujuan kegiatan yang diprakarsai dan di sponsori oleh Rotary club Bandung Siliwangi District 3410 ini untuk memberikan pembelajaran 

"Sekaligus action plan untuk mengelola kegiatan pertanian menjadi kegiatan wisata agro yang dikelola oleh masyarakat," ucap Mujiono.

Sementara itu, Inspektur Kabupaten Kapuas Herry Bowo mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah di kembangkan kegiatan kemandirian desa melalui hal ini. 

“Karena salah satu upaya Dana Desa adalah untuk menciptakan desa mandiri dan semoga ini menjadi contoh untuk desa lainnya agar maju, mandiri dan memberikan penguatan pada masyarakat Desa Bungai Jaya,” jelas Herry. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru