Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gelar Donor Darah, Kecamatan PahandutTargetkan 50 Kantong

  • Oleh Hendri
  • 13 September 2022 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kecamatan Pahandut bersama Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan donor darah di aula kantor kecamatan setempat, Selasa, 13 September 2022. Pihaknya menargetkan hari ini bisa mendapatkan 50 kantong untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di Kota Cantik.

"Targetnya sampai 50 kantong, semoga bisa tercapai, syukur-syukur kalau bisa melebihi targetnya. Kita mendapat dukungan dari TNI dan Polri hingga ASN kelurahan dan kecamatan," kata Camat Pahandut, Berlianto.

Ia mengatakan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan. Sumbangan darah dari satu orang bahkan dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa.

"Ini merupakan wujud kepedulian kita dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan darah. Saya sendiri baru dua kali sebagai pendonor, semoga nanti semakin banyak warga yang mau menyumbangkan setetes darahnya untuk membantu sesama," tuturnya.

Sebelum melakukan donor darah, para pendonor terlebih dulu diperiksa kesehatannya oleh petugas medis. Adapun syarat sebagai pendonor di antaranya telah berusia 17 tahun, berat badan minimal 50kg, tidak konsumsi obat selama 3 hari terakhir dan kondisi kesehatannya stabil.

"Bila ada riwayat vaksin Covid-19 maka baru diperbolehkan donor jika sudah lewat 14 hari dari penyuntikan vaksin. Sedangkan orang yang dilarang untuk mendonor kalau sedang hamil, menyusui dan wanita yang sedang haid," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru