Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Masih Menetapkan Siaga Karhutla Meski Curah Hujan Tinggi

  • Oleh Noor Annisa
  • 13 September 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meski sudah memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih menetapkan status siaga darurat karhutla. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kotim menyebutkan bahwa pada bulan September, Kotim sudah memasuki musim penghujan. Namun, kondisi tersebut tidak merata.

"Meskipun hujan bukan berarti tidak ada hotspot atau titik panas. Di Sampit ini 2 hari tidak hujan sudah bisa memunculkan hotspot dikarenakan cuaca yang cepat kering," jelas Forecaster BMKG Kotim, Mulyono Leo Nardo, Selasa, 13 September 2022.

Dia menambahkan, sebagian besar wilayah di Kotim mengalami hujan, tapi kondisi tersebut tetap memungkinkan munculnya titik panas. 

"Seperti halnya saat ini di bagian utara hujan dan menyebabkan banjir tapi di bagian wilayah selatannya masih bisa muncul titik hotspot," sebutnya.

Kepala BPBD Kotim Rihel, mengaku Kotim memiliki dua kerawanan bencana yang disebabkan oleh kondisi iklim. Sehingga walaupun memasuki musim penghujan, status siaga darurat karhutla tetap berjalan.

"Pengalaman pada tahun 2021 Kotim di bagian utara banjir tapi di wilayah bagian selatan terjadi kebakaran," terangnya. (NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru