Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemekaran Bisa Menjadi Solusi Kesejahteraan Daerah

  • 26 Januari 2016 - 12:13 WIB

Pemekaranwilayah Daerah Otonom Baru (DOB) tidak hanya bertujuan untuk mensejahterakan rakyatdi daerah tetapi juga menjaga keutuhan NKRI dari masalah disintegrasi bangsa.

KomiteI DPD RI menerima audiensi pembentukan DOB, Bupati Biak Numfor Thomas Ondymewakili calon Kabupaten Byak Napa Swandiwe, Bupati Sorong Stepanus Malakmewakili calon Kab. Malamoi dan calon Kab. Maybrat Sau, dan datang mewakiliperwakilan dari calon DOB Kab. Yalimek Ketua Panitia DOB Kab. Yalimek EtibethKobar, di Ruang Rapat Komite I DPD RI Senayan Jakarta, senin(25/1).

KomiteI DPD RI menerima delegasi dan memberikan masukan kepada perwakilan-perwakilandelegasi tersebut. 'Pada intinya DPD mendukung dan tidak menghalang-halangisetiap daerah yang akan melakukan pemekaran jika daerah tersebut memenuhisegala persyaratan administrasi sesuai Undang-Undang No.23 Tahun 2015 dankemampuan kapasitas setiap daerah itu mempersiapkan dirinya sendiri untukmekar,' ujar AhmadMuqowan mantan ketua komisi IV DPR yang sekarang menjadi Ketua Komite I DPD RI.

PerwakilanBupati dari daerah ini berkeluh kesah kepada Komite I DPD RI mengenai lambannyapemerintah pusat untuk segera mengesahkan pemekaran wilayah mereka menjadi DOB.'Pemekaran tersebut tidak hanya bertujuan mensejahterakan rakyat di daerahtersebut yang kurang terjangkau oleh pemerintah karena luasnya wilayah danminimnya fasilitas pendukung akan tetapi juga menanggulangi permasalahandisintegrasi bangsa, 'tegas Stepanus.

Di lain pihak calon DOB Yalimek dariKabupaten Yahokimojuga menegaskan bahwa sejak tahun 2005 mengajukan DOB nasibnya masih digantungoleh KementerianDalam Negeri. 'Padahal Yalimek sudah masuk klasifikasi A dan persyaratan sangatlengkap,' papar Etibeth Kobar.

KomiteI DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyailingkup tugas pada otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; sertapembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah.

KomiteI DPD RI menerima semua berkas dan persyaratan dari para Bupati dan akanmempelajari lebih lanjut. 'Semua berkas-berkas dari daerah yang memintadukungan pemekaran DOB ini dan tidak hanya yang datang kali ini saja tetapisetiap daerah yang meminta dukungan dari DPD RI akan kami bahas dalam rapatKomite I dan nantinya akan kami bawa untuk dibahas secara Tripartit antaraPemerintah, DPR, dan DPD,' tutup Muqowam. (mas/*)

Berita Terbaru