Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penguatan Pokja PUG Gumas Diharapkan Bisa Mewujudkan Perencanaan Berperspektif Gender

  • Oleh Riska Yulyana
  • 16 September 2022 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekretaris Daerah Gunung Mas, Yansiterson berharap kegiatan penguatan kelompok kerja (pokja) pengarusutamaan gender (PUG) bisa meningkatkan kesetaraan guna mewujudkan perencanaan berperspektif gender.

"Melalui penguatan pokja PUG ini diharapkan pemahaman isu-isu yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi perangkat daerah dapat meningkatkan kesetaraan dan keadilan dalam kedudukan, peranan dan tanggung jawab laki-laki perempuan sebagai sumber daya pembangunan guna mewujudkan perencanaan berperspektif gender," ujar Yansiterson, Jumat, 16 September 2022.

Dia menjelaskan, urgensi anggaran responsif gender, pengetahuan, dan kemampuan aparat perangkat daerah dalam mengimplementasikan program dan kegiatan yang ada terhadap isu gender yakni agar terwujudnya anggaran berbasis kinerja yang responsif gender.

Kemudian, Tim Focal Point PUG menjadi ujung tombak pelaksanaan PUG di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Di mana tim focal point PUG beperan mengatasi faktor penghambat upaya pencapaian kesetaraan dan keadilan gender, di antaranya adalah kebijakan teknis di berbagai sektor yang belum responsif gender.

Untuk diketahui, hari ini Jumat 16 September 2022 telah digelar kegiatan rapat pokja PUG yang dilaksanakan di aula kantor Bappedalitbang.

"Melalui kegiatan ini semua dapat mengetahui tentang informasi Pengarusutamaan Gender serta dapat melihat betapa penting PUG dapat mewujudkan pembangunan yang lebih adil dan merata," tukas Yansiterson. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru