Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemerintah Optimalkan Pengelolaan Taman Nasional di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 16 September 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi meminta pemprov supaya dapat mengoptimalkan pengelolaan taman nasional yang ada.

Menurutnya, taman nasional mampu memberikan dampak ekonomi positif bagi daerah dan masyarakat apabila bisa dikelola secara maksimal oleh pemerintah.

"Di Kalteng sendiri terdapat tiga taman nasional yaitu Tanjung Puting, Sebangau dan Bukit Raya. Apabila ketiga taman nasional ini dikelola secara optimal maka akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat sekitar maupun daerah dari segi PAD," ujarnya, Jumat, 16 September 2022.

Dia mengatakan, daerah ini perlu mencontohkan provinsi lain yang juga memiliki taman nasional, salah satunya yaitu Jawa Timur. Disana terdapat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang dikelola dengan baik dan optimal oleh pemerintah provinsi setempat.

Dari hasil pengelolaan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mampu meraup untung atau pemasukan bagi daerah melalui sektor pariwisata. Sehingga, hal tersebut diharapkan bisa diimplementasikan di Kalteng, sehingga taman nasional yang ada dapat menjadi salah satu sumber PAD.

"Taman nasional yang kita miliki di Kalteng ini hanya membutuhkan harmonisasi dalam pengelolaannya, banyak yang perlu diperhatikan baik fasilitas pendukung maupun sarana dan prasaranannya. Jika semua itu diperhatikan maka akan memberikan dampak positif baik bagi daerah juga masyarakat di sekitarnya," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru