Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pengoptimalan Pengembangan Potensi Wisata di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 18 September 2022 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mendorong adanya pengoptimalan potensi wisata daerah di Kalteng yang dilakukan oleh pemda melalui instansi terkait.

Menurutnya, potensi alam di sejumlah wilayah provinsi ini sangat luar biasa. Hanya saja, perlu dimanfaatkan dengan baik untuk bisa dijadikan sebuah objek wisata. Sebab, beberapa daerah juga telah memiliki potensi objek wisata, namun hanya memerlukan sedikit sentuhan dari pemerintah.

"Seperti di Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, saat reses disana saya ada menerima aspirasi masyarakat yang mengharapkan dukungan pengembangan potensi wisata yang ada di wilayah setempat, seperti Kaleka Sange, Kaleka Buluh Banok dan Kota Mandehan," ucap Kuwu, Minggu, 18 September 2022.

Selain itu, masyarakat di Desa Tumbang Bunru juga mengusulkan agar sebagian wilayah desa dapat dibuka sebagai tempat pariwisata mengingat cukup banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di wilayah tersebut. Hal ini harus bisa dioptimalkan dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

Dia mengatakan, perhatian pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tentu sangat diharapkan. Mengingat potensi daerah ini akan disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan optimal, apalagi dampaknya bisa sangat positif bagi perekonomian masyarakat maupun daerah kedepan.

Tidak hanya itu, ketika reses tersebut juga ia ada menyerap berbagai aspirasi lain, salah satunya yaitu aspirasi warga Desa Tumbang Korik yang mengusulkan bantuan perbaikan atau renovasi bangunan Betang Tumbang Korik yang kondisinya sudah mulai rusak.

"Ada beberapa bagian Betang yang rusak seperti dinding, plafon dan lainnya itu perlu perbaikan. Dalam rangka melestarikan budaya adat dayak, warga Desa Batu Puter juga mengusulkan bantuan kesenian daerah berupa kecapi, rabab, gandang, garantung dan kongkanong dari Disbudpar," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru