Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas TPHP Kobar Targetkan Replanting 1.000 Hektare Kebun Sawit

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 September 2022 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat menargetkan program replanting atau peremajaan perkebunan sawit milik rakyat mencapai 1.000 hektare hingga akhir 2022.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunannya Kabupaten Kobar, Kris Budi Astuti mengatakan dana replanting sebesar Rp 30 miliiar berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan RI.

"Kita targetkan tahun ini 1000 hektare perkebunan sawit milik rakyat akan kita replanting, Jadi anggaran replanting perhektarnya adalah Rp30 juta," ujarnya.

Dijelaskanya, replanting atau peremajaan sawit sendiri merupakan upaya untuk meningkatkan produktifitas kelapa sawit dan sawit yang siap untuk di replanting yakni umur lebih dari 25 tahun.

"Peremajaan sawit ini, selain untuk memacu produktivitas dan produksi sawit, replanting ini juga sebagai upaya untuk mendongkrak pendapatan petani," tuturnya.

Dengan adanya replanting ini tentu kedepannya akan mampu meningkagkan produktivitas sawit tersebut, karena tentu akan menggunakan bibit sawit unggul untuk peremajaan perkebunan kelapa sawit tersebut.

"Kalau kualitas kelapa sawit kita semakin baik tentu kesejahteraan petani sawit Kobar pun akan ikut meningkat, jadi inilah perlunya replanting tersebut," imbuhnya.

Di Kotawaringin Barat sendiri saat ini ada 46 ribu hekatar lebih lahan sawit milik rakyat, dan 195 ribu lebih lahan sawit milik perusahaan perkebunan besar swasta (PBS).

"Untuk replanting untuk PBS, itu tentu sudah di anggarkan oleh masing-masing perusahaan," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru