Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Satgas PMK Vaksinasi Ternak Sasar 11 Kecamatan di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 September 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Satuan tugas atau Satgas Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Kapuas gencar melakukan vaksinasi ternak sapi, terutama menyasar di 11 kecamatan.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melalui Tim Teknis kesehatan hewan drh Anik Ariswandani mengatakan kegiatan ini sebagai upaya pencegahan penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada ternak terutama di 11 kecamatan non pasang surut.

"Saat ini satgas PMK terus bergerak secara masif memberikan vaksinasi kepada hewan ternak dengan sasaran kandang kandang peternak dari kecamatan dan desa agar hewan ternak memiliki kekebalan tubuh sehingga ketahanan pangan daging di Kabupaten Kapuas dapat terpenuhi," katanya, Selasa, 20 September 2022.

Sebelumnya, lanjut dia pihaknya sudah melaksanakan vaksinasi tahap satu dengan sasaran 300 ekor ternak sapi. "Saat ini kita masih melaksanakan vaksinasi tahap II, untuk sementara 1.028 ekor sapi yang sudah divaksin dan masih terus berlanjut," ucapnya.

Ia menambahkan, lanjut dia untuk percepatan vaksinasi dibagi dalam beberapa tim, sehingga percepatan vaksinasi tetap dilaksanakan walau pun kondisi cuaca tidak mendukung tim terus bekerja mengejar pemerataan vaksinasi di 11 kecamatan.

"Namun, masih ada tim satgas PMK yang melakukan tugas di perbatasan di Kilometer 12 Kecamatan Kapuas Timur pos cek poin. Kami juga memperketat lalulintas hewan di pos cek poin apa bila tidak memiliki dokumen lengkap maka tidak diperkenankan untuk melintas," tandasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru