Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keluarga Tempat Pertama dan Utama Pendidikan Bagi Anak

  • Oleh Hendri
  • 23 September 2022 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua TP PKK Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin mengatakan, keluarga merupakan tempat pertama dan utama pendidikan bagi anak.

"Dengan demikian, peran keluarga dalam hal pendidikan bagi anak, tidak dapat tergantikan sekalipun anak telah dididik di lembaga PAUD," katanya, Kamis, 22 September 2022.

Untuk itu dia mendorong keluarga harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses peningkatan gizi dan kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikan dan perlindungan.

Menurutnya, kenyataan yang dijumpai di masyarakat, masih banyak keluarga yang belum memahami peran penting tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga agar mereka dapat memberikan dukungan kepada nak usia dini secara lebih optimal.

"Keselarasan pendidikan yang dilaksanakan di lembaga PAUD dan di rumah diakui oleh para ahli pendidikan sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan anak secara menyeluruh," tuturnya.

Avina yang juga menjabat Bunda PAUD ini mendorong lembaga PAUD memfasilitasi penyelenggaraan Program PAUD Berbasis Keluarga sebagai upaya keselarasan dan keberlanjutan antara pendidikan yang dilakukan di lembaga dan pendidikan yang dilakukan di rumah. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru