Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu Bayi Orangutan Diserahkan ke BKSDA, Induknya Diduga Dibunuh

  • 27 Januari 2016 - 17:17 WIB

Sekitar tiga bulan lalu, Marjuki warga Desa LubukBunter, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotim menemukan seekor bayi orangutan. Bayi  yang berumur sekitar satu tahun itu , kala itu sedangmenangis di semak belukar pingir sungai.

Bayi orang utan yang kemudian dinamai Tim Tom tersebutditemukan oleh Marzuki  tanpa ditemani induknya. Primata itupun langsung dibawa olehnya dandipelihara di rumahnya. Selama tiga bulan berada di rumah itu, sang penemumemutuskan untuk menyerahkannya kepada BKSDA.

'Awalnya warga tersebut sempat tidak mau memberikananak orang utan itu, karena tidak ada ganti ruginya. Namun setelah kami berikanmasukan dan sampaikan hukuman memelihara satwa liar tanpa izin, dia langsungmemberikan izin untuk kami amankan orang utan tersebut,' ujar Komandan BKSDASampit Muriansyah, Rabu (27/1/2016).

Orang utan tersebut diamankan oleh pihak BKSDA padaSelasa (26/1/2016) kemarin.  Dan saat ini masih dipelihara olehMuriansyah, hingga Kamis (28/1/2016) yang akan dibawa ke Pangkalan Bun. Kondisiorang utan itu sendiri sangat kurus tidak seperti bayi orang utan yang berumursatu tahun, bahkan kepalanya ada mengalami luka.

Menurut dugaan petugas BKSDAini, anak orangutan ini kehilangan induk. 'Kemungkinan besar induk orangnutanini ada yang membunuhnya.' (MH/*)

Berita Terbaru