Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kotim Akan Berikan Bantuan Bibit untuk Petani

  • Oleh Noor Annisa
  • 25 September 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memberikan perhatian dalam bentuk bantuan kepada petani yang tanaman hortikulturanya rusak karena terdampak banjir dengan memberikan bibit yang baru.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotim Sepnita mengatakan, komoditas sayur mayur hortikultura di Kabupaten Kotim cenderung naik harganya karena mengalami kerusakan akibat banjir dan ditambah lagi intensitas hujan yang tinggi.

"Ada beberapa titik yang mengalami kebanjiran pada saat ini kita sedang mengidentifikasi lokasi mana saja yang nantinya bisa kita bantu," ujarnya, Minggu, 25 September 2022.

Menurutnya, memang sudah menjadi hal biasa tanaman hortikultura menjadi langka dan mengalami kenaikan harga jika di musim penghujan seperti ini. 

"Karena peruban iklim cuaca saat ini memang sulit diprediksi, musim kemarau saja kita masih kehujanan," ujarnya.

Dalam waktu dekat, dikatakannya pemerintah daerah akan mengadakan pertemuan dengan seluruh camat yang ada di Kotim, salah satunya untuk menetapkan wilayah mana saja yang pertaniannya sering terdampak banjir.

Dia menambahkan, untuk identifikasi pihaknya juga dibantu Pengendali Urganisme Penggannggu Tumbuhan (PUPT) kecamatan untuk melaporkan masalah pertanian seperti banjir, kekeringan dan lainnya.

Setelah melakukan penetapan lokasi maka pihaknya akan melakukan pengadaan bibit sayur mayur dan segera didistribusikan ke lapangan sesuai dengan hasil identifikasi. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru