Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gunakan Media Literasi Secara Bijak

  • Oleh Agus Fataroni Mustova
  • 27 September 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perkembangan media literasi saat ini cukup pesat. berbagai informasi disuguhkan untuk menambah wawasan masyarakat luas. Namun apabila media tidak digunakan secara bijak, maka bisa berdampak negatif.

Untuk menghindari penyalahgunaan media, Bidang Humas Polda Kalteng menggelar seminar seminar nasional terkait media digital di Aula Arya Dharma Mapolda setempat, Selasa, 27 September 2022.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto mengharapkan, semua kalangan bijak menggunakan media sosial, karena selama ini banyak terjadi penyalahgunaan media sosial yang berakibat pada pelanggaran hukum.

"Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital secara sehat, bijak, cerdas, benar dan patuh hukum. Dengan adanya literasi digital diharapkan masyarakat memiliki kecakapan atau pemahaman dalam menggunakan media digital yang baik dan benar," ucapnya dalam sambutannya.

Sementara itu, Kabidhumas Kombes Pol K. Eko Saputro berharap, dengan kegiatan ini, seluruh peserta bisa mendapatkan wawasan terkait penggunaan teknologi digital, memahami aturan, norma dan etika pemanfaatan teknologi digital secara benar dan bertanggung jawab.

"Kita mengajak seluruh media yang ada di Provinsi Kalteng untuk melakukan pengecekan fakta ketika mendapatkan informasi dari media sosial. Sehingga apa yang tersampaikan di masyarakat adalah fakta sebenarnya," terangnya.

Sebab, lanjutnya, selama ini banyak sekali berita hoaks yang tersebar di media sosial yang akhirnya ditanggapi dan diartikan oleh masyarakat tidak benar. "Kegiatan diskusi atau seminar ini juga bertujuan untuk mempermudah dan meminimalisir pengguna media digital agar terhindar dari penyebaran hoaks," tambahnya. (AGUS/B-7)

Berita Terbaru