Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Beberapa Hari Tidak Hujan, 10 Hektare Lahan di Ujung Pandaran Terbakar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 September 2022 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hanya beberapa hari tidak di landa hujan, seluas 10 hektare lahan di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur terbakar, Rabu 28 September 2022. 

"Lahan di desa tersebut kemungkinan terbakar sejak kemaren, dan hari ini dapat dipadamkan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel. 

Dia menjelaskan sejak kemaren sudah terpantau titik panas di wilayah kecamatan tersebut. Setelah diperiksa ternyata benar, sehingga langsung dilakukan pemadaman oleh pihaknya. 

Anggota yang terjun tadi yakni 3 orang Manggala Agni, 6 orang Pospol, 10 orang karyawan perusahaan di desa tersebut, dan 10 orang warga desa. 

"Pemadaman dilakukan dengan dengan peralatan dan juga air. Karena lokasi kebakaran cukup jauh dari titik air. Meskipun begitu, api tetap dapat kami jinakkan," terang Rihel. 

Melihat kejadian tersebut, dirinya meminta kepada masyarakat agar selalu waspada dan jangan membuka lahan dengan cara dibakar. Karena saat ini, walaupun hujan masih sering terjadi, namun potensi kebakaran masih sangat besar. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru