Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPJS Catat 30 Persen Kartu JKN Kalteng Non-aktif

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 September 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Kaltim, Kalteng, Kalsel, Kaltara (Kaltimteng Setara) menyampaikan, ada sekitar 30 persen kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) masyarakat Kalteng sudah nonaktif.

“Ternyata masih banyak juga penduduk yang tidak aktif kartunya. Dari 2,4 juta ini, ada kurang lebih 30 persen yang terdaftar dalam JKN kartunya tidak aktif,” tuturnya saat rapat koordinasi di Palangka Raya baru baru ini.

Ia mengatakan, tidak aktifnya kartu tersebut karena tidak membayar iuran dengan berbagai alasan dari berbagai segmen. Mulai dari segmen PBI karena sudah dikeluarkan, ada yang perusahaan, ada yang mandiri dan lain-lain.

“Memang yang cukup besar adalah dari segmen peserta yang mendaftar secara mandiri,” tambahnya.

Menurutnya, hal itu menjadi tantangan BPJS kedepannya bagaimana cakupan 92,45 persen diikuti dengan peserta yang aktifnya juga besar.

“Kami berupaya untuk mengurangi peserta yang tidak aktif. Untuk itu, nanti kami mohon masukkan bapak ibu semua, upaya-upaya yang mungkin bisa kita lakukan dalam mengaktifkan kepesertaan JKN,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru