Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekonomi Kerakyatan Kunci Tangani Krisis

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 Oktober 2022 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengamat Ekonomi Kalimantan Tengah, Fitria Husnatarina mengatakan, sejauh ini ekonomi kerakyatan selalu terbukti dapat menjadi penahan ketika terjadi krisis. Dimana hal itu membuat perekonomian nasional maupun daerah tidak jatuh secara drastis.

“Sebenarnya ekonomi kerakyatan ini bisa menekan inflasi yang terjadi saat ini. Tinggal pemerintah melirik lebih jauh sektor informal ini,” tuturnya.

Apalagi secara kultur ekonomi kerakyatan sangat cocok diterapkan, dan perlu dijawab dengan baik oleh pemerintah melalui cara sendiri, tanpa perlu meniru negara lain.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya ini menilai, secara legal memang pemerintah sudah memprioritaskan ekonomi kerakyataan yang ada di Kalteng. Hal itu bisa dilihat dari pendampingan, bimbingan, maupun pembinaan yang sudah dilakukan sejauh ini.

Meski demikian, hal tersebut menjadi kurang terasa, karena hasil akhirnya masih banyak ditemui bukan produk hasil ekonomi kerakyatan.

Ia mencontohkan hasil ekonomi kerakyatan tersebut mencakup koperasi, BUMDes, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), maupun komunitas kelompok tani yang menjadi konsumsi utama masyarakat. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru