Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Launching Aplikasi Sipimakai Solusi Excavator yang Diserahkan

  • Oleh M Andhika
  • 03 Oktober 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aplikasi Sipimakai (Sistem Pinjam Pakai) excavator telah resmi dilaunching oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang bertempat di rumah jabatan Bupati Kotim pada Senin, 3 Oktober 2022.

"Launching ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan berbagai pihak mau diapakan excavator yang sudah di serahkan beberapa waktu lalu tersebut," kata Kepala Distan Sepnita.

Sepnita mengatakan, penyerahan excavator tersebut sudah dilakukan sejak 26 Juli 2022, Namun masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Antara lain pemeriksaan tahap kedua oleh PT. Trakindo apabila alat sudah sampai di lokasi, harus ada pelatihan operator, dan adanya payung hukum agar pengelolaan pemanfaatan excavator berjalan sesuai harapan. 

"Memang pada bulan maret 2022 sudah diterbitkan peraturan Bupati nomor 6 tahun 2022 tentang pengelolaan pemanfaatan excavator pada Dinas Pertanian Kabupaten Kotim, namun di dalam perjalanannya terdapat beberapa kendala," ucapnya. 

Sepnita menambahkan, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Distan di lapangan yaitu adanya benturan masalah penggunaan, dimana semua merasa lebih berhak untuk menggunakan excavator tersebut, walaupun permohonan untuk menggunakan alat tersebut yang masuk belakangan.

"Ini menjadi pemikiran kami, sehingga ada beberapa peraturan Bupati yang ada kita revisi dan sudah kita bahas bersama baik itu dengan bagian hukum maupun biro hukum beberapa waktu lalu," tambahnya.

Setelah dilakukan hal tersebut, pihaknya melengkapi peraturan Bupati dengan aplikasi Sipimakai yang memiliki manfaat, karena menurut dirinya dari sisi permohonan sudah dapat di tentukan urutan-urutan peminjam.

"Pihak pengelola alat dalam hal ini dilakukan oleh Balai penyuluhan pertanian maupun pihak Kecamatan yang tidak ada BPP nya dapat melakukan pengelolaan alat secara efektif, serta kami dari Distan dapat memantau kinerja alat secara langsung, jelasnya.

Pembuatan aplikasi Sipimakai ini dilakukan oleh Tim IT Distan sendiri, dalam artian tidak menggunakan pihak ketiga.

"Kami melakukan uji coba aplikasi untuk seluruh BPP, sosialisasi Perbup dan teknik penggunaan aplikasi pada semua kecamatan,serta pelatihan admin BPP dan Kecamatan. Sehingga pada hari ini kami dapat melakukan launching aplikasi Sipimakai," tutupnya. (M ANDHIKA/B-5)

Berita Terbaru