Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Suka Makmur Raih Juara I Kinerja Terbaik Tahun 2022

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Oktober 2022 - 05:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa Suka Makmur, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) meraih juara I Desa Kinerja Terbaik dari 80 Desa se Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Atas raihan itu, desa tersebut mendapatkan penghargaan berikut bantuan uang sebesar Rp 65 juta. 

Penghargaan dan pemberian bantuan keuangan khusus itu diserahkan secara simbolis oleh Sekda Kobar Suyanto dan diterima langsung oleh Kades Suka Makmur Muhammad Toha. Proses penyerahan disaksikan seluruh tamu undangan peringatan HUT Kobar yang ke-63, terdiri atas unsur Forkopimda Kobar dan tamu undangan lainnya, Senin, 3 Oktober 2022.

Muhammad Toha merasa bangga atas prestasi yang telah diperoleh desa yang saat ini dipimpinnya. Menurutnya, prestasi yang diraih ini merupakan kerja sama yang baik, antara pemerintah desa dengan masyarakat.

"Ini semua berkat kerja sama semua unsur dan masyarakat. Berkat bimbingan pemerintah kecamatan, sehingga kami dinilai mampu menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik," kata Muhammad Toha.

Dia melanjutkan, bahwa Desa Sumber Makmur tahun ini mendapat 13 kategori juara lomba tingkat kabupaten, 6 lomba di antaranya juara 1 dan salah satunya juara I lomba Desa Kinerja Terbaik ini.

Muhammad Toha menyampaikan, program atau inovasi yang dijalankan di desanya berbeda dengan desa lain, yaitu Bank Sampah dengan sistem yang menguntungkan bagi rumah tangga.

"Jadi, bukan menarik retribusi sampah dari masing-masing rumah tangga, tetapi masing - masing rumah tangga ini mendapat untung dari hasil pengumpulan dan penjualan sampah," tuturnya.

Kemudian, di bawah kepemimpinannya, Desa Suka Makmur kini menjadi desa pertama dari ribuan desa di pulau Kalimantan yang menerapkan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) secara total. Padahal, untuk meraih predikat itu tidak mudah, seluruh warga desa wajib menjalankan 5 indikator yang ditetapkan pemerintah.

"Desa kami menjadi satu-satunya yang bisa menerapkan STBM se Regional Kalimantan," ungkapnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru