Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barisan Merah Putih Minta Lukas Enembe Taat Hukum

  • Oleh ANTARA
  • 04 Oktober 2022 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Ketua Barisan Merah Putih Papua, Max Ohee, meminta Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk taat hukum dan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Lukas Enembe harus menjadi teladan kepada masyarakat Papua dengan taat hukum, agar menjadi pembelajaran yang baik untuk masyarakat," kata dia, dalam keterangan, Senin 3 Oktober 2022.

Sebagai warga negara yang baik, Enembe harus mempertanggungjawabkan semua perbuatannya terkait dugaan korupsi yang menjeratnya. "Semua warga negara mempunyai kedudukan hukum yang sama dan tidak ada yang kebal hukum," ujarnya.

Selain itu, dia berharap pemerintah juga harus tegas dalam mengusut kasus tersebut sesuai aturan yang berlaku, salah satunya melakukan tangkap paksa apabila panggilan ketiga KPK tidak dipenuhi.

Menurut dia, kuasa hukum Enembe seharusnya ikuti semua prosedur hukum dan menyarankan untuk mengikuti pengadilan serta membuktikan apabila memang merasa tidak melakukan kesalahan, bukan mempolitisir masalah hukum.

"Masyarakat Papua meminta agar Lukas Enembe ikuti hukum yang berlaku agar tidak semakin berlarut-larut, karena dapat membuat keresahan sosial," harapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat harus tetap tenang dan mempercayakan kepada pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan korupsi Enembe serta menjaga situasi aman di tanah Papua.

ANTARA

Berita Terbaru