Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Salurkan Bantuan 197 Paket Sembako kepada Warga Terdampak Banjir

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Oktober 2022 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara menyalurkan bantuan 197 paket sembako kepada masyarakat ditiga wilayah yang terdampak banjir.

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan saat ini banyak rumah warga yang terendam banjir, dan bentuk antisipasi pemerintah mereka telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

"Kita ada memberikan bantuan-bantuan seperti sembako untuk penanggulangan, karena memang ada sebagian masyarakat tidak bekerja karena rumahnya banjir," kata Windu saat diwawancara, Selasa, 4 Oktober 2022.

Selain memberikan bantuan sembako, pemerintah juga membuka dapur umum untuk masyarakat, sehingga masyarakat yang tidak bisa masak karena dampur rumahnya banjir bisa mendapatkan makan di dapur umum tersebut.

"Sebagai bentuk antisipasi juga, kita membantu masyarakat yang terkena banjir antara lain dengan kita mengadakan dapur umum, yang mungkin saat itu dapur mereka juga terendam dan lain sebagainya," ujar Windu.

Banjir yang terjadi saat ini menang karena naiknya air Sungai Jelai yang disebabkan tingginya curah hujan, dimana musibah ini memang hapir selalu terjadi setiap tahunnya.

Untuk mengantisipasi atau mengatasi permasalahn banjir tersebut memang cukup sulit, karena tingginya air yang membanjiri rumah warga sama tingginya dengan air yang ada di Sungai Jelai.

"Bajir di kabupaten kita ini memang selalu berulang setiap tahun. Jadi air yang merendami lokasi pemungkiman masyarakat itu levelnya sama dengan air sungai, jadi tidak mungkin kita sedot, kita buang dan segalam macam, terkecualai untuk air yang terkepung mungkin bisa kita salurkan," tuturnya 

Untuk bantuan paket sembako yang disalurkan pemerintah daerah sebanyak 197 paket, dimana untuk Kelurahan Mendawai 87 paket, Kelurahan Padang 96 paket dan Desa Pangkalan Muntai 14 paket. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru