Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Pulang Pisau Terus Maksimalkan Potensi Daerah

  • Oleh Asprianta
  • 06 Oktober 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau  - Kabupaten Pulang Pisau memiliki potensi perikanan yang cukup besar, hal tersebut dibuktikan dengan adanya 3220 nelayan yang tersebar di 8 kecamatan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto mengungkapkan, banyak nelayan-nelayan tersebut memerlukan kehadiran pemerintah.

“Pemerintah harus hadir. Ibu Bupati memerintahkan kepada kami (Dinas Perikanan) agar kami mempunyai inovasi untuk membantu para nelayan itu,” kata Slamet pekan lalu.

Untuk itu Slamet mengaku, pihaknya harus berkolaborasi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemangku kepentingan lainnya dalam mendorong perkembangan para nelayan tersebut. 

“Kami siap untuk melaksanakan itu. Baru-baru ini, kami sudah berkomunikasi dengan Dirjen PDSKP terkait dengan kemauan atau usulan terhadap nelayan di wilayah Pulang Pisau,” ungkapnya.

Slamet juga mengaku, dengan jumlah nelayan sebanyak 3220 itu pihaknya juga melaksanakan perintah pimpinan agar berinovasi dalam mencari sumber-sumber pendanaan dalam mendukung aktivitas nelayan ditengah kenaikan bahan bakar minyak (BBM) saat ini. 

“Mungkin dari pemerintah pusat, provinsi dan sebagainya. Yang tujuan utamanya untuk pembangunan sektor perikanan dan peningkatan ekonomi bagi para nelayan,” kata Slamet.

Terkait permasalahan pemasaran, menurut Slamet untuk pemasaran ikan tangkap tidak terjadi masalah. Begitu juga dengan pemasaran ikan budi daya.

Sebab untuk pemasaran ikan budi daya, pembeli biasanya langsung ke lokasi. Jadi di sana ada kesepakatan harga antara pembeli dan pembudidaya ikan. Jadi tidak ada nelayan yang dirugikan. 

“Meski harga ikan kadang turun, namun tidak menjadi masalah berarti,” tambah mantan kepala Dinas Pertanian tersebut.

Kendati demikian Slamet mengaku, hal itu masih menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya terkait pengembangan ikan budi daya dan pemasarannya.

Berita Terbaru