Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Integrasikan Litbang Pusat Sampai Daerah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 Oktober 2022 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Lilis Suriani menekankan pentingnya integrasi penelitian dan pengembangan (Litbang).

 Agenda kelitbangan perlu sejalan antara pusat, provinsi kabupaten/kota, khususnya dalam pemulihan pasca pandemi Covid-19 dan krisis global.

“Pemerintah provinsi, kabupaten/kota sehingga memiliki konsep litbang sehingga terjadi kesatuan langkah yang saling mendukung dan mengintegrasikan agenda kelitbangan,” tuturnya saat membuka Rapat koordinasi (Rakor) Litbang dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Aula Serbaguna Bappedalitbang, Kamis, 6 Oktober 2022.

Lilis mengimbau kabupaten dan kota se-Kalteng memperhatikan kelembagaan penelitian dan pengembangan yang sesuai dengan beban fungsi penunjang masing-masing dan dikelola secara profesional.

Ia mengharapkan Litbang siap melakukan invensi hasil litbang dalam mendorong percepatan pemulihan kehidupan ekonomi dan peningkatan nilai daya saing daerah.

Apalagi dengan krisis global yang berdampak pada kenaikan harga BBM melalui berbagai inovasi daerah yang mampu mempercepat pemulihan berbagai bidang kehidupan di Provinsi Kalteng. (HERMAWAN DP/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru