Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usaha Tanah Subur Warga Desa Batu Nyapau Berhasil Bantu Perekonomian

  • Oleh Riska Yulyana
  • 09 Oktober 2022 - 18:00 WIB

BORNOENEWS, Kuala Kurun - Usaha tanah subur yang dilaksanakan oleh kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Desa Batu Nyapau Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas sudah membuahkan hasil.

"Usaha tanah subur milik Kelompok UP2K di Desa Batu Nyapau sudah berkembang sejak tahun 2019 dan saat ini penjualan tanah subur sudah membantu perekonomian masyarakat," ujar Sekretaris Desa Batu Nyapau, Jon Prinedi, Minggu 9 Oktober 2022.

Tidak hanya dari dalam desa, kata Jon Prinedi, pembeli tanah subur dari kelompok UP2K tersebut ada dari luar Desa Batu Nyapau seperti Desa Tumbang Hakau, Tumbang Miwan bahkan pembelinya ada yang dari Kota Palangka Raya.

"Mereka mempromosikan usahanya melalui sosial media sehingga banyak masyarakat di luar Desa Batu Nyapau yang tertarik untuk membelinya," terang Jon.

Jon menjelaskan, untuk harga tanah subur jika diambil di desanya yakni sekitar Rp35 ribu per karung, namun kalau dikirim ke tempat tujuan harganya berbeda dan disesuaikan.

Usaha tanah subur tersebut kemudian diikutkan lomba UP2K di tingkat Kecamatan Tewah dan kelompok UP2K Desa Batu Nyapau menjadi juaranya. 

"Nanti di Bulan Oktober ini kelompok UP2K Desa Batu Nyapau akan mewakili Kecamatan Tewah pada lomba UP2K tingkat Kabupaten Gunung Mas," tukasnya.

Guna meningkatkan pendapatan, pihaknya menyarankan kepada kelompok UP2K agar berkoordinasi dengan tim penggerak PKK Desa untuk mencari peluang usaha lainnya seperti budidaya cabai dan kacang tanah.

Harapannya dengan berbagai usaha yang dijalankan tersebut, perekonomian masyarakat di Desa Batu Nyapau Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas ini bisa lebih baik.

Selain itu dia mengajak pemerintah Desa lain di Kabupaten Gunung Mas agar mari bersama-sama memberdayakan masyarakat untuk menciptakan kesejahteraan bersama. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru