Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Minta Jajaran Gerak Cepat Tangani Banjir

  • Oleh Hendri
  • 10 Oktober 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menginstruksikan perangkat daerah untuk melakukan penanganan cepat jangka pendek mengatasi genangan air yang sering terjadi di permukiman masyarakat.

“Penanganan jangka pendek meliputi langkah pembersihan saluran drainase serta mengkondisikan arah aliran air agar mudah mengalir,” katanya, Senin, 10 Oktober 2022.

Pemerintah, lanjut Fairid, akan segera melakukan pendataan terhadap kawasan pemukiman masyarakat, yang rawan tergenang air. Terutama rawan saat hujan deras terjadi. Tidak hanya sampai di situ saja, pemerintah juga akan melakukan evaluasi terhadap faktor-faktor yang memicu genangan air demi menemukan solusi cepat.

“Dari hasil pemantauan selama ini, faktor yang memicu genangan air adalah adanya sedimentasi lumpur yang diakibatkan sampah-sampah, sehingga menyebabkan pendangkalan drainase,” tuturnya.

Harus diakui, kata Fairid, hampir seluruh titik yang tergenang air, terlihat kemampuan drainase untuk menampung air sudah terganggu. Sebagian tersumbat sampah dan sebagian mengalami pendangkalan.

Karena itu, masyarakat diimbau tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke dalam drainase. Karena selain dapat menyebabkan banjir, sampah juga akan menimbulkan masalah lainnya.

“Sampah drainase juga dapat menjadi sumber penyakit. Karena jika dibiarkan, air tercemar yang menggenang dapat menjadi sarang nyamuk. Sehingga sangat berbahaya sekali bagi kesehatan masyarakat,” tandasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru