Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6 Ruko Terbakar di Pendawa Diduga Akibat Korsleting Listrik Bangunan Renovasi

  • Oleh M Andhika
  • 10 Oktober 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Hawianan mengatakan, kebakaran yang melanda kompleks ruko di Pendawa Sampit diduga akibat korsleting listrik.

"Kami menerima laporan dari masyarakat adanya kebakaran di Jalan Sudirman KM 4,5. Dugaan sementara disebabkan oleh korsleting listrik dari salah satu ruko yang sedang di renovasi," ungkapnya, Senin, 10 Oktober 2022.

Hawianan menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi pada pukul 15:00 WIB dan selesai pendinginan pada pukul 16:40 WIB. Ada sekitar 40 personil di kerahkan bersama 6 unit kendaraan pemadam kebakaran. 

"Kurang lebih 40 personel dengan 6 unit kendaraan pemadam kebakaran yang dikerahkan. Kami khawatir api dapat merambat ke ruko lainnya, tapi syukur dalam waktu 1 jam api dapat di padamkan," jelasnya. 

Ia menambahkan, pihaknya dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan (Dishub) dan kepolisian. Terlebih lagi, kejadian kebakaran pada komplek ruko tersebut bertepatan di depan Jalan Sudirman yang cukup padat arus lalu lintas menyebabkan macet sepanjang 2 km. 

"Ada bantuan dari pihak BPBD, Dishub dan Kepolisian di lokasi, kami merasa terbantu dengan tambahan 2 unit dari pihak BPBD. Juga dari pihak Dishub dan Kepolisian yang mengatur lalu lintas, kebetulan lokasinya di depan jalan utama yang padat arus kendaraan," tambahnya. 

Enam ruko yang terbakar di antaranya terdapat toko plafon dan toko perlengkapan hewan (animal shop). (M ANDHIKA/B-5)

Berita Terbaru