Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Targetkan Luas Tanam Padi Musim Tanam Okmar 6.000 Hektare

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Oktober 2022 - 16:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur menargetkan luas tanam padi baik di sawah maupun lahan kering pada musim tanam Oktober-Maret atau Okmar mencapai 6.000 hektare.

"Kalau pada musim Asep (April-September) kemarin luas tanamnya sekitar 3.000-an hektare, kita harapkan pada musim tanam kali ini bisa mencapai 6.000 hektare," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Trikorianto di kantornya, Selasa, 11 Oktober 2022.

Saat ini rata-rata petani dalam persiapan penyemaian benih. Namun di beberapa lokasi masih proses panen padi hasil musim tanam Asep. "Kita mengharapkan pada musim tanam kali ini ada peningkatan luas tanam padi," ulangnya.

Melihat dari aktivitas pembukaan lahan kering di wilayah timur yakni Kecamatan Patangkep Tutui, Awang, Benua Lima dan Kecamatan Dusun Timur, Trikorianto optimis target  peningkatan luas tanam dapat tercapai.

Meski demikian, dia mengingatkan penyuluh pertanian sebagai garda terdepan dalam pendampingan kepada petani  agar secara intensif melakukan pendampingan agar petani dapat melakukan penanaman tepat waktu serta mencarikan solusi atas setiap kendala budidaya yang dihadapi petani.

"Mudah-mudahan nanti tidak terjadi banjir yang dapat menggangu pertumbuhan padi," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru