Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Penanganan Tanah Longsor di Jalan Palangka Raya - Kuala Kurun

  • Oleh Riska Yulyana
  • 19 Oktober 2022 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Lokasi longsor di Kuala Kurun merupakan jalan utama dari Kota Kuala Kurun ke Palangka Raya atau sebaliknya. Oleh sebab itu, pemerintah mengambil tindakan cepat dengan melakukan penanganan darurat. 

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat, Baryen memaparkan terkait penanganan lokasi longsor di ruas jalan itu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kalimantan Tengah (Kalteng), subuh tadi kami sudah sampai ke lokasi dan saat ini sudah ada tindakan yang mereka lakukan," ujar Baryen usai meninjau lokasi longsor pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Untuk saat ini, lanjut dia, pihak BPJN melakukan penanganan darurat dengan penimbunan jalan menggunakan material setempat, kemudian di atasnya akan ditimbun dengan material standar jalan.

"Nanti digunakan pula geotekstil yang gunanya agar timbunan tidak lari ke mana-mana," jelasnya.

Baryen menjelaskan, jika cuaca cerah atau tidak hujan, maka pengerjaan penanganan darurat tersebut bisa segera diselesaikan, sehingga diharapkan sore nanti kendaraan kecil maupun motor bisa melintas di jalan itu lagi.

"Penanganan lebih lanjut, BPJN akan menurunkan tim perencanaan untuk melakukan penyelidikan tanah, menilai kondisi termasuk juga mencari penyebab terjadinya longsoran tersebut," terang Baryen.

Hal tersebut digunakan untuk menentukan desain dari penanganan permanennya. "Seperti kata Pak Sekda, kita akan bersurat kepada BPJN, sehingga diharapkan tahun 2023 akan ada penanganan permanen," jelasnya.

"Hingga akhir tahun ini penanganannya masih bersifat darurat namun sudah fungsional, bisa dilalui," tuturnya. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru