Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

15 Kasus HIV Baru Ditemukan di Barito Timur Selama 2022

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Oktober 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sejak Januari hingga September 2022, terdapat temuan 15 kasus baru penyakit Human Immunodeficiency Virus atau HIV di Kabupaten Barito Timur.

Fakta ini terungkap saat Borneonews mewawancarai Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur Jimmi WS Hutagalung usai menutup kegiatan workshop bagi tenaga kesehatan puskesmas terkait layanan tes dan pengobatan HIV dan Acquired Immune Deficiency Syndrome atau AIDS di puskesmas.

"Pertambahan kasus HIV pada tahun 2022 ada 15 kasus, kemudian total penderita HIV-AIDS di Barito Timur saat ini berjumlah 66 orang. Rata-rata pasien yang berobat ke RSUD Tamiang Layang setiap bulan 20 sampai 25 orang," jelas Jimmy di Aula Hotel Indra Jaya Tamiang Layang, Kamis, 20 Oktober 2022.

Terkait workshop yang telah dilaksanakan selama tiga hari itu, Jimmi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempermudah akses pada saat pelayanan dan penemuan kasus HIV atau infeksi seksual di puskesmas puskesmas yang ada di Barito Timur.

"Selama ini penanganan HIV-AIDS kita kan di rumah sakit, tapi sekarang sudah bisa di puskesmas terdekat. Jadi kalau ada kasus HIV atau infeksi seksual dapat dilayani di puskesmas terdekat," ungkapnya.

Menurut Jimmi, selanjut di setiap puskesmas disediakan satu tim yang menangani kasus HIV dan infeksi seksual lainnya. Tim ini terdiri dari dokter, perawat dan petugas lainnya.

"Materi yang didiskusikan selama workshop berkaitan dengan gejala-gejala infeksi seks maupun gejala-gejala HIV hingga bagaimana infeksi tersebut berkembang menjadi AIDS," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru