Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemindahan Mapolda Kalsel ke Banjarbaru direncanakan mulai 2023

  • Oleh ANTARA
  • 22 Oktober 2022 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Pemindahan Markas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dari Kota Banjarmasin ke Kota Banjarbaru rencananya dimulai pada tahun 2023 dan saat ini pengerjaan mapolda baru memasuki tahap pembangunan gedung utama.

"Semoga pembangunannya rampung sesuai rencana agar tahun depan bisa dipindah secara bertahap," kata Kepala Polda Kalimantan Selatan Brigadir Jenderal Polisi Andi Rian R. Djajadi, Jumat 21 Oktober 2022.

Kapolda mengatakan proses pemindahan kantor harus dipersiapkan secara matang perencanaannya agar bisa berjalan baik tanpa kendala.

Pemindahan status Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan dari Banjarmasin ke Banjarbaru turut menjadi pelecut Polda Kalsel untuk mematangkan rencana pemindahan kantor pelayanan.

"Banyak hal yang harus kita sesuaikan supaya jangan sampai nanti terjadi gangguan dan kendala segala macam," jelas mantan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri itu.

Di sisi lain, Kapolda menekankan pemindahan kantor pelayanan bukan sekadar memindah gedung, namun lebih utama terjadinya peningkatan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

Gedung baru yang lebih representatif harus menjadi semangat baru dalam memberikan pelayanan prima sebagai penjabaran program Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dengan motto Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan).

Proyek pembangunan gedung Mapolda Kalsel di kawasan perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Trikora Banjarbaru, berada di atas lahan seluas lebih kurang 10 hektare. Pembangunan dijadwalkan rampung selama 270 hari kerja sejak 28 Maret hingga 19 Desember 2022.

Selain pagu anggaran Rp130 miliar lebih, pemerintah daerah setempat juga menghibahkan dana sebesar Rp5,5 miliar untuk membantu pembangunan sarana prasarana penunjangnya.

Gedung Mapolda Kalsel yang saat ini berada di Jalan S. Parman Kota Banjarmasin nantinya menjadi Markas Polresta Banjarmasin. Sedangkan gedung Mapolresta Banjarmasin di Jalan Ahmad Yani Km 3,5 Banjarmasin rencananya dijadikan Rumah Sakit Bhayangkara Hoegeng Imam Santoso.

ANTARA

Berita Terbaru