Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Panamas Gelar Berbagai Kegiatan Peringati HUT IBI

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Oktober 2022 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - UPT Puskesmas Panamas menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Ikatan Bidan Indonesia atau IBI di Kelurahan Murung Keramat.

Kegiatan yang dilakukan bersama lintas sektor Kelurahan Murung Keramat dan TP PKK kelurahan ini di antaranya pemeriksaan IVA dan Sadanis, pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM), safari KB serta pemasangan alat kontrasepsi gratis (suntik, implant, pil dan kondom).

Juga dihadiri Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dan IBI, Cabang Kapuas serta di support oleh Dinas P3APPKB, dan pihak Kecamatan Selat.

Kepala UPT Puskesmas Panamas dr Ujang Fauzan Zaini mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mendukung seluruh bidan dalam menjalankan mottonya yaitu 'Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju'

"Hasil dari kegiatannya adalah 66 orang yang ber IVA dan SADANIS, serta 13 orang yang ikut Safari KB," katanya, Minggu, 23 Oktober 2022.

Dalam kegiatan tersebut juga telah dibagikan dan dipasang sebanyak 13 ekseptor gratis kepada warga, yaitu pil kepada 4 orang, suntik 3 orang, kondom 5 orang, dan implant 1 orang.

“Warga Kelurahan Murung Keramat sebagai peserta pemeriksaan kesehatan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan, sehubungan pihak UPT Puskesmas Panamas mengadakan kegiatan tersebut secara gratis,” ucapnya.

Kegiatan ini juga didukung dari pihak Kelurahan Murung Keramat bersama Karang Taruna Kelurahan Murung Keramat dengan menyediakan alat transportasi antar jemput gratis bagi warga yang tidak memiliki kendaraan untuk menuju lokasi kegiatan.

“Kegiatan yang diprakarsai oleh UPT Puskesmas Panamas ini merupakan kegiatan yang diperuntukkan kepada ibu-ibu di usia produktif yang sudah menikah di Kelurahan Murung Keramat, dengan harapan memanfaatkan program KB ini dapat terwujudnya keluarga sehat, bahagia dan sejahtera,” tuturnya.

Melalui pemeriksaan IVA diharapkan juga dapat mendeteksi penyakit dengan pengobatan secara dini kepada ibu ibu di Kelurahan Murung Keramat. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru