Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disnakertrans Murung Raya Gelar Pelatihan Menjahit dan Operator Komputer

  • Oleh Trisno
  • 24 Oktober 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu -  Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Murung Raya melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi (PBK) menjahit pakaian dengan mesin dan operator komputer di Diklat Konut, Senin (24/10).

Pelatihan dibuka langsung oleh Wabup Mura Rejikinoor dihadiri ketua DPRD Mura Doni, Ketua Komisi II Heriyus, anggota DPRD Mura Bebie, Kadis Nakertrans Kariadi,Camat Murung Fitrianul Fahriman serta undangan lainnya. Nara sumber dari tenaga lokal yang profesional.

Kadis Transnaker Mura Kariadi SE mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi program pelatihan vokasi dan produktivitas ini diselenggarakan mulai tanggal 24 Oktober sampai dengan 24 November 2204 dengan metode pembelajaran yang bertempat di dinas transmigrasi dan tenaga kerja UPT BLK Kabupaten Murung Raya. dimana untuk praktek pelatihan dilaksanakan di gedung Diklat pada setiap kejuruan.

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pencari pekerjaan Sehingga nantinya memiliki keterampilan dalam memperoleh pekerjaan," sebutnya

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan berbasis kompetensi ini sebanyak 64 orang berasal dari masyarakat Kabupaten Mura yang telah mengikuti seleksi. Jumlah peserta masing-masing kejuruan sebanyak 16 orang pelatihan dilaksanakan yaitu kejuruan teknik komputer sebanyak 2 kelas dan kejuruan teknik menjahit sebanyak 2 kelas.

"Untuk uji kompetensi berstandar nasional dilakukan oleh pihak lembaga sertifikasi profesi di mana bila siswa lulus akan dinyatakan berkompeten dan mendapatkan sertifikat kompetensi," 

Sementara Wabup Mura Rejikinoor Sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap agar kegiatan ini bisa menciptakan tenaga kerja yang unggul dibidangnya masing-masing.

"Kami dari Pemkab Mura mengucapkan terima kasih kepada dinas Transnaker dan dukungan  pihak lain yang bisa melatih peserta dalam kursus menjahit dan komputer ini,' kata Wabup.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Wabup mengucapkan terima kasih kepada kementerian tenaga kerja melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi DAN Produktivitas (BBPVP) Bekasi yang sudah berkenan melalui dana APBN tahun anggaran 2022 mempercayakan paket kegiatan pelatihan kepada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja secara khusus kepada UPTD BLK Kabupaten Murung Raya dan Kepada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja UPTD BLK Kabupaten Murung Raya agar menjaga dan melaksanakan dengan sebaik mungkin kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Tenaga Kerja BBPVP Bekasi.

"Agar seluruh program pelatihan yang sudah dipercayakan  dapat dilaksanakan secara maksimal, tepat sasaran dan memberikan Manfaat khususnya meningkatkan kemampuan para pencari kerja untuk siap bersaing dalam dunia kerja. saya mengapresiasi kepada dinas transmigrasI dan tenaga kerja UPTD BLK Kabupaten Murung Raya dan jajarannya yang telah menginisiasi kegiatan ini, yang pada hakikatnya ini adalah bentuk pertanggung jawaban kepada publik atas kerja Pemkab Mura," kaya Wabup.

dan juga berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan maupun pelatihan teknis lainnya dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Murung Raya yang memiliki kompetensi, integritas serta daya saing dalam menghadapi arus globalisasi serta  perkembangan teknologi yang semakin cepat.

Dijelaskan Wabup, UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Murung Raya merupakan salah satu instrument pengembangan sumber daya manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang produktif sehingga nantinya mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, kompeten, dan memenuhi permintaan pasar. 

pemberdayaan balai latihan kerja merupakan salah satu solusi untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan, serta meningkatkan kualitas para pencari kerja. "Khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Trs

Berita Terbaru