Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Peternakan Barito Timur Selesaikan Vaksinasi Rabies

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Oktober 2022 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur menyelesaikan program vaksinasi rabies untuk hewan ternak pada hari ini, Senin, 24 Oktober 2022. Total vaksin rabies yang disuntikkan pada hewan tahun ini sebanyak 3.500 dosis.

"Vaksinasi rabies kami laksanakan mulai tanggal 10 Oktober dan berakhir hari. Kegiatan vaksinasi dilakukan door to door (dari rumah ke rumah), petugas kami yang mendatangi pemilik hewan ternak untuk divaksin,” ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur, Mishael, Senin, 24 Oktober 2022.

Menurutnya, vaksinasi dilakukan untuk mencegah penularan penyakit rabies atau anjing gila pada manusia melalui gigitan hewan.

Rabies merupakan virus mematikan yang menyebar ke manusia dan menyerang sistem syaraf pusat dari air liur hewan yang terinfeksi.
Rabies biasanya menular melalui gigitan hewan seperti, anjing, kucing, kera atau hewan lain yang terinfeksi virus rabies.

"Pencegahan rabies ini merupakan program rutin yang dilakukan Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur minimal setahun sekali melalui Bidang Peternakan dengan target Barito Timur zero case rabies (bebas dari rabies)," jelas Mishael.

Pelaksanaan vaksinasi rabies dilakukan oleh tenaga vaksinator dari Bidang Peternakan dan UPTD Puskeswan Ampah dengan jumlah suntikan vaksin 3.500 dosis.

Kepada masyarakat Barito Timur, tidak lupa Mishael mengimbau agar melaporkan ke Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur jika ada kasus gigitan anjing atau hewan penular rabies lainnya di lingkungan sekitar.

“Apabila terjadi kasus gigitan hewan, segera lakukan tindakan pertolongan pertama pada gigitan (P3G) dengan cara mencuci luka dengan air mengalir dan memakai sabun selama 10 sampai dengan 15 menit serta  diberi alkohol atau yodium. Langkah selanjutnya adalah melapor ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut,” pesannya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru