Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wagub Berharap TEPRA Tingkatkan Peran Kawal Penyerapan APBD dan APBN di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Oktober 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo berharap Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Kalteng maupun kabupaten dan kota agar dapat meningkatkan peran strategis dalam mengawal penyerapan anggaran APBD dan APBN di Kalteng.

Edy mengatakan, saat ini realisasi anggaran provinsi maupun kabupaten dan kota di Kalteng sudah memasuki triwulan III, sehingga penyelesaian anggaran tahun 2022 agar bisa dipacu supaya dalam sisa waktu triwulan III ini realisasi anggaran dapat digunakan dengan efektif.

"Harapan kita kendala-kendala yang dapat menghambat realisasi anggaran pada triwulan III ini dapat diidentifikasi, kemudian dicari dan dirumuskan solusinya bersama-sama," kata Edy, Senin, 24 Oktober 2022.

Disebutkannya bahwa, hal itu perlu dilakukan agar pada triwulan berikutnya realisasi pembangunan akan semakin optimal, sesuai dengan target yang telah ditetapkan dan mendatangkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat

Selain itu ia juga mengingatkan pentingnya perencanaan serta penggunaan anggaran yang fokus pada kegiatan yang memberi manfaat nyata bagi masyarakat di provinsi ini.

Dijelaskannya, mempercepat penyerapan realisasi anggaran tentu dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Di sisi lain juga, pengadaan barang dan jasa pemerintah harus tepat waktu dan tepat mutu.

"Karena sedikit saja ada keterlambatan, itu dapat mengurangi persentase pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya belanja infrastruktur yang sensitif terhadap waktu, jadi perlu lebih dioptimalkan," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru