Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Pulang Pisau Gelar Pembinaan Organisasi Masyarakat

  • Oleh Asprianta
  • 26 Oktober 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau  – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulang Pisau melaksanakan kegiatan pembinaan Organisasi Masyarakat (Ormas) tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Kahayan Hilir, belum lama ini dibuka Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pulang Pisau Sugondo dengan menghadirkan narasumber dari Polres Pulang Pisau, Pabung 1011/Klk dan dari Kesbangpol Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pulang Pisau Sugondo mengatakan sejak bergulirnya reformasi demokrasi menjadi sebuah ideologi yang wajib bagi segenap komponen bangsa.

"Perubahan yang dibawa era reformasi menyebabkan kekuasaan pemerintahan menjadi tidak lagi dominan," kata Sugondo.

Menurutnya masyarakat memiliki hak dalam mengambil keputusan yang strategis, mengungkapkan aspirasi menjadi kebutuhan sehingga masyarakat mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mengungkapkan pikiran dan tuntutannya.

Dengan kehidupan politik yang lebih demokrasi sekarang ini, kata Sugondo membuat organisasi masyarakat (Ormas) mulai meninggalkan strategi kontroltatif dengan pemerintah, dengan cara berusaha menjalin kerjasama dengan pemerintah untuk mengatasi persoalan-persoalan bangsa.

”Ormas saat ini tidak lagi memandang pemerintah sebagai kekuatan pengekangan bagi kegiatan pengerak mereka. Sebaliknya menganggap pemerintah sebagai mitra yang dapat memberdayakan segenap potensi yang ada di dalam Ormas dan Pemerintah dapat melakukan Pemberdayaan melalui Ormas yang mendukung kebijakan pemerintah," ucap pria yang pernah menjabat Camat Kahayan Hilir ini

Lebih lanjut Sugondo menjelaskan bahwa organisasi kemasyarakatan merupakan wadah bagi partisipasi masyarakat untuk memberikan kontribusi yang nyata dan bermakna dalam setiap proses pembangunan.

Sehubungan itu, kata Sugondo Ormas yang tumbuh dan berkembang diberbagai bentuk dan orientasi dalam masyarakat Indonesia yang majemuk perlu dipertimbangkan peran dan kontribusinya. Baik, sebagai instrumen maupun strategi dalam pembangunan yang berbasis masyarakat.

”Ormas pada umumnya merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang keagamaan, ekonomi, politik, sosial dan budaya,” tandasnya. (ang)

Berita Terbaru