Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAD Katingan Gelar Rapat Kerja, Ini Tujuannya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Oktober 2022 - 09:00 WIB

BORNEONEWS  Kasongan - Dewan Adat Dayak atau DAD Kabupaten Katingan menggelar rapat kerja di aula Kantor BPKAD, Rabu, 26 Oktober 2022. Selain pengurus DAD se kecamatan yang ada, acara ini juga dihadiri para damang kepala adat.

Rapat kerja DAD Katingan ini dibuka Bupati Katingan Sakariyas dan juga dihadiri Wakil Ketua DAD Kalteng MH Rizal meaakili Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran.

Menurut Ketua DAD Katingan, Heriyadi P Samad dalam laporannya mengatakan, keberadaan lembaga adat Dayak di Kabupaten Katingan merupakan kepanjangan tangan secara struktural lembaga adat Dayak di Provinsi Kalteng dalam upaya menjaga, memelihara, melestarikan dan memberdayakan keberadaan maayarakat adat Dayak beserta budaya dan hukum adatnya terlebih di era globalisasi dan digital saat ini.

"Untuk menyikapi perubahan yang begitu cepat, komplek dan terlalu bebas dan penuh ketidak pastian, maka kelembagaan adat Dayak di Kabupaten Katingan, DAD kabupaten, DAD kecamatan, damang, mantir dan Batamad  serta ormas Dayak lainnya haruslah bersinergi satu dengan yang lainnya," ujar Ketua DAD Kabupaten Katingan, Heriyadi P Samad.

Heriyadi melanjutkan dewan adat Dayak sebagai salah satu lembaga adat yang diatur dalam peraturan daerah Provinsi Kalteng No 16 tahun 2008 dan Perda Provinsi Kalteng  No 18 tahun 2008 tentang kelembagaan adat Dayak Provinsi Kalteng .

"Yaitu mempunyai visi dan misi  untuk membangun kehidupan masyarakat adat Dayak, memperjuangkan hak-hak adat dan benar-benar menjalankan fungsinya sebagai masyarakat adat Dayak terhindar dari marjinalisasi pembangunan yang berkembang pesat saat ini," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru