Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nasionalisasi dan Kebangkitan Perkebunan Sawit di Indonesia Sejak 1957

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Oktober 2022 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Asosiasi Petani Kelapa atau PIR, Agus Sutarman mengatakan bahwa nasionalisasi dan kebangkitan perkebunan sawit sudah dimulai sejak tahun 1957.

Hal ini dikatakan Agus Sutarman dalam Sosialisasi dan Expo sawit baik Indonesia 2022 ini dilaksanakan dengan mengangkat tema Hilirisasi Sawit menuju Ketahanan Ekonomi Nasional, di Bumi Reog, Ponorogo, Jawa Timur.

"Nasionalisasi dan kebangkitan perkebunan sawit sudah dimulai sejak tahun 1957 dan tanggal 10 desember ditetapkan sebagai hari perkebunan nasional," kata Agus dalam rilisnya kepada Borneonews.

Selain itu juga disampaikan sejarah Asosiasi Petani Kelapa sawit Inti Rakyat mulai berdiri pada 29 0ktober tahun 2001 di Riau  dan menjadi Aspekpir Nasional pada 1 Oktober 2018.

Juga ditampilkan keberhasilan program PIR dengan menampilkan perbandingan kondisi pada awal program di 1990-an dan kondisi wilayah pada saat ini.

Dalam Rangkaian kegiatan Sosialisasi dan Expo sawit baik Indonesia 2022 juga ditampilkan berbagai macam contoh produk dari sawit dan turunannya

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan seni tradisional warisan leluhur di Ponorogo yaitu Reog Ponorogo.

Sementara itu, Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Helmi Muhansyah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk menkampanyekan persepsi positif terhadap sawit.

"Ini merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk menkampanyekan persepsi positif terhadap sawit, sebagai upaya menghadapi black campaign yang dilakukan oleh pihak-pihak yang menyerang sawit Indonesia," kata Helmi.

Bagi UKMK di Ponorogo, lanjutnya, terdapat berbagai peluang untuk memanfaatkan dan mengembangkan hasil produk dan turunan sawit, khususnya dalam skala Usaha Kecil dan Menengah berbasis sawit. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru