Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantu Masyarakat Pulau Petak Deteksi Dini Kondisi Kesehatan Lewat Pemeriksaan IVA dan SADANIS

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Oktober 2022 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Puskesmas Sei Tatas Kecamatan Pulau Petak menggelar pemeriksaan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (SADANIS) secara gratis.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Puskesmas Sei Tatas dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr. Tonun Irawaty Panjaitan, pejabat Dinas Kesehatan Provinsi, unsur tripika dan lintas sektor wilayah Kecamatan Pulau Petak. 

dr Tonun Irawaty Panjaitan mengharapkan dengan adanya program deteksi dini kanker serviks melalui metode pemeriksaan ini dapat membantu masyarakat mengetahui bagaimana  kondisi kesehatannya.

"Serta mencegah terjadinya keparahan penyakit jika ditemukan gejala awal dari kanker serviks atau kanker payudara," kata dr Tonun, Senin, 31 Oktober 2022.

Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi pencetus serta pengerak meningkatnya kesadaran masyarakat khususnya wanita. 

"Harapannya semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan semakin banyak lagi peserta yang mengikuti kegiatan ini," harapnya.

Pemeriksaan SADANIS dan pemeriksaan IVA tes ini di ikuti antusias oleh 152 peserta di wilayah Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. 

"Ini merupakan program rutin yang memang harus dilakukan dari tingkat pusat sampai daerah yaitu berupa pelaksanaan IVA tes dan SADANIS secara gratis," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH)

Berita Terbaru