Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesenian dan Budaya Lokal Harus Dilestarikan

  • Oleh Hendri
  • 01 November 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Jumatni mengajak masyarakat agar senantiasa melestarikan kesenian budaya lokal. Karena kesenian budaya ini telah berhasil menanamkan nilai-nilai kebangsaan melalui kesenian budaya di tengah-tengah masyarakat.

Oleh sebab itu, semua lapisan masyarakat diharapkan agar turut serta sama-sama menjaga warisan budaya yang telah diakui bersama, bahkan diakui dunia.

“Jadi dengan kebudayaan kesenian ini, ketika menyampaikan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat tidak menjadi kaku. Tidak seperti kita menjelaskan kayak di ruang sekolah, apalagi masyarakat memliki pemahaman intelektual yang berbeda-beda, tetapi dengan kesenian akan lebih menarik buat masyarakat pada umumnya," katanya, Selasa, 1 November 2022.

Menurut dia perekonomian para pelaku seni ini juga perlu dipikirkan bersama, pasalnya para pelaku ini memang sudah menjadi sebuah industri yang diakui oleh masyarakat, tidak sedikit yang menggantungkan hidupnya dari kesenian.

“Untuk meningkatkan perekonomian mereka, namanya pelaku seni terus terang mereka berkesenian berkebudayaan sekaligus menghibur rakyat tetapi juga mencari nafkah,” terangnya.

Dia menjelaskan, pemerintah memang selama ini telah memfasilitasi para pelaku seni, tapi kan pemerintah punya keterbatasan. Untuk itu, peran masyarakat juga penting yang ada di lapangan untuk mengkoordinir dan memberikan akses. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru