Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Agama Karusen Janang Ikut Pemetaan Wawasan Kebangsaan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 November 2022 - 05:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Penyuluh Agama Islam atau PAI Non PNS di Kecamatan Karusen Janang Kabupaten Barito Timur mengikuti kegiatan Pemetaan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan Bagi Penyuluh Agama Islam yang diselenggarakan oleh Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Selasa, 1 Oktober 2022.

Kegiatan pemetaan ini merupakan salah satu implementasi atas diundangkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan Yang Mengarah Pada Terorisme Tahun 2020-2024.

"Melalui pemetaan ini akan dihasilkan peta wawasan kebangsaan PAI dan dapat dijadikan dasar dalam merumuskan kebijakan peningkatan kompetensi PAI," ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Timur H Ahmadi melalui Kepala KUA Karusen Janang M Halimi.

Peningkatan kompetensi, lanjut dia, akan meningkatkan juga kinerja PAI dalam menjalankan tugas bimbingan dan penyuluhan agama yang mampu menanamkan pemahaman kepada masyarakat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI yang berdaulat di tengah wacana-wacana radikalisme, narkoba dan lainnya.

“Pengambilan data secara online dan dilaksanakan secara serentak di 26 provinsi oleh seluruh PAI sejak pukul 09.00 WIB,” jelas Halimi.

Pemetaan juga dalam rangka melaksanakan program prioritas Kementerian Agama yaitu revolusi mental dan pembinaan ideologi Pancasila serta penguatan moderasi
beragama. "Karena itu seluruh penyuluh pada Kecamatan Karusen Janang harus mengikuti," tegasnya.

Melalui pemetaan tersebut dia berharap PAI setempat memiliki sikap dan pemahaman moderat dalam beragama dan bersama-sama mencegah munculnya kelompok-kelompok yang tidak menghargai komitmen kebangsaan. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru