Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tera Ulang Jadi Kewajiban Pemerintah Ciptakan Tertib Ukur

  • Oleh Ramadani
  • 03 November 2022 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara, H Hajrannor melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Legal, Erina Primayanti M Eng mengatakan, tera ulang memang sudah menjadi suatu kewajiban pemerintah daerah untuk menertibkan dengan menciptakan tertib ukur di Kabupaten Barito Utara.

“Tertib ukur antara pedagang dan pembeli akan terciptanya keadilan. Dari pihak pedagang tidak dirugikan dan dari pihak pembeli juga sebaliknya,” katanya usai melakukan tera ulang di Pasar Bebas Banjir, Rabu, 2 November 2022.

Dengan tera ulang setiap tahunnya, kata dia, akan menstandarkan ukuran kembali ke posisi nol. “Misalkan, timbangan lama tidak diatur, ternyata yang harusnya menimbang terbacanya 2 kilogram setelah di timbang terbacanya 1,8 kilogram, jadi menombok 2 ons. Tidak selalu pedagang itu untung bisa jadi pedagang tersebut merugi karena ketidak tepatan ukuran,” ucapnya.

Dia melanjutkan, untuk tera di sembilan kecamatan di Kabupaten Barito Utara, sudah terlaksana tujuh kecamatan. Sedangkan untuk dua kecamatan yaitu Gunung Purei dan Teweh Timur akan dilaksanakan pada pertengahan dan akhir November 2022 ini.

Dia juga mengatakan, tahun 2020 capaian tera di atas 85 persen untuk semua UTTP di Kabupaten Barito Utara. Sedangkan di awal tahun 2021 menurun dikarenakan banyak perusahaan-perusahaan lockdown akibat pandemi Covid-19.

“Jadi ada sebagian perusahaan yang tidak melaksanakan tera ulang untuk jembatan timbangnya. Tapi untuk pasar kita tetap melaksanakan tera ulang walaupun pandemic Covid-19 masih tinggi. Dan di tahun 2021 mengalami penurunan menjadi 75 persen capaian untuk tera ulangnya,” katanya.

Ia juga mengharapkan untuk semua pedagang dan pelaku usaha sadar akan kewajiban tera ulang  setiap tahunnya agar tercipta tertib ukur di Kabupaten Barito Utara. “Sadar melakukan tera ulang, agar terciptanya tertib ukur di Barito Utara,” ungkapnya. 

"Di tahun 2022 ini, sudah terus meningkatkan dan InsyaAllah tercapainya di atas 85 persen untuk semua alat UTTP di Barito Utara," pungkasnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru