Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbaikan RTRWP Dinilai Penting Atasi Banjir Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 November 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akademisi Universitas Palangka Raya, Marvy Sahay menyarankan pemerintah baik eksekutif maupun yudikatif untuk menyelesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) dengan azas lingkungan.

Ia menilai, penataan kembali sangat penting, terutama terkait kawasan khusus, seperti kawasan hutan, hutan produksi, kawasan pemukiman.

“Kita tidak bisa bilang ini terjadi karena hujan, sebab setiap tahun musim penghujan ini pasti ada, dan dulu banjir yang terjadi tidak sebesar sekarang,” tuturnya.

Marvy melihat hal itu menunjukan adanya perubahan yang kemungkinan karena cakupan hutan sebagai resapan air sudah tidak ada, sehingga perlu direncanakan ulang.

Dia menilai, pembangunan DAM atau bendungan dalam penanggulangan banjir dapat dicoba. Namun hal itu hanya sebatas rekayasa engineering.

 

“Sebab, untuk penanggulangan banjir secara penuh penataan ruang dan komitmen dari pemimpin untuk melakukan pembangunan berwawasan lingkungan lebih diutamakan,” tuturnya.

Ia mencontohkan seperti daerah Jabodetabek yang memiliki bendungan besar banyak, tapi Jakarta yang menjadi daerah lebih rendah tetap terimbas banjir.

“Karena di daerah Bogor yang menjadi dataran tingginya area hutan sebagai resapannya sudah hilang dijadikan vila,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru