Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berawan dan Hujan, Gerhana Bulan Tidak Terlihat di Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 November 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga pukul 18.23 WIB, gerhana bulan belum nampak terlihat di wilayah Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Hal itu dikarenakan di daerah ini cuaca berawan dan bahkan dilanda hujan.

Kondisi cuaca berawan sudah terjadi sejak sore, hingga malam. Bahkan, saat berita ini ditulis, hujan melanda daerah ini dengan intensitas cukup tinggi.

Dari keterangan pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, mengatakan bahwa fenomena gerhana bulan sulit diamati. Karena kondisi cuaca cenderung berawan dan terjadi hujan.

"Untuk di Sampit tidak terlalu bagus untuk melihat gerhana bulan. Karena cuaca berawan dan hujan," ujar Prakirawan BMKG Mul, Selasa, 08 November 2022.

Adapun fase-fase yang terjadi selama gerhana bulan dimulai pukul 15.00 WIB. Sebagian wilayah dimulai pukul 16.08 WIB. Sementara, gerhana bulan total terjadi mulai pukul 17.16 WIB.

Sedangkan fenomena gerhana bulan total baru berakhir pukul 18.42 WIB. Sebagian juga ada daerah lainnya pukul 19.49 WIB dan fase gerhana bulan berakhir pukul 20.57 WIB.

Di Sampit, sejumlah warga ada yang berupaya melihat sekitar pukul 17.30 WIB. Namun tidak terlihat secara kasat mata. Karena cuaca berawan hingga terjadi hujan sekitar pukul 18.10 WIB.

Sementara, pihak BMKG juga tidak bisa melihat. Karena tidak memiliki alat bantu optik yang kompatibel. Sehingga, juga tidak dapat melihat secara langsung. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru