Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit Air Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

  • Oleh Agus Fataroni Mustova
  • 15 November 2022 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Palangka Raya beberapa hari terakhir membuat aliran Sungai Kahayan mengalami peningkatan. Itu diketahui setelah anggota Satsamapta Polresta Palangka Raya melakukan pengecekan pada Selasa (15/11/2022).

“Pengecekan debit air ini dilakukan untuk memantau potensi terjadinya banjir di Kota Palangka Raya, mengingat hujan deras yang turun beberapa hari lalu menyebabkan tergenang di beberapa kawasan,” ungkap Briptu Willy. 

Briptu Willy mengecek debit air di kawasan tersebut bersama dengan Bripda M Reza. Dari hasil pengecekan, debit air sungai kahayan mengalami kenaikan antara 20-25 cm dari ketinggian normal.

“Saat ini diketahui telah terjadi kenaikan debit air Sungai Kahayan pada kawasan Pelabuhan Rambang yakni kurang lebih 20 cm dari ketinggian normalnya,” tutur Willy.

Maka dari itu, masyarakat diminta waspada, terutama yang berada di pinggiran sunagi. Itu demi mengantisipasi banjir dadakan, mengingat masih tingginya curah hujan di wilayah hulu.

“Peningkatan ketinggian air Sungai Kahayan ini terpantau masih belum mengakibatkan banjir namun tetap ada potensi. Oleh karena itu, kami akan tetap bersiaga memantau perkembangannya terutama saat terjadinya hujan deras,” lanjutnya.

Selain melakukan patroli memantau potensi banjir, dirinya pun juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat setempat agar selalu berhati-hati saat beraktivitas, terlebih ketinggian air mulai meningkat.

“Diingatkan kepada bapak ibu sekalian agar menjaga keselamatan diri saat beraktivitas pada sekitaran kawasan Sungai Kahayan, untuk menghindari terjadinya peristiwa orang tenggelam atau pun lain sebagainya,” pungkasnya. (AGUS/B-7)

Berita Terbaru