Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkat Kepatuhan Warga Lapor Data Kematian ke Disdukcapil Pulang Pisau Dinilai masih Rendah

  • Oleh Asprianta
  • 17 November 2022 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau  – Tingkat kepatuhan pelaporan warga terkait angka kematian warga di Kabupaten Pulang Pisau masih pasif dan rendah sehingga berdampak pada data kependudukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pulang Pisau Subagijo, saat dibincangi rekan media belum lama ini.

”Kita tidak menampik, bahwa tingkat pelaporan masyarakat adanya salah satu anggotanya yang meninggal dunia masih rendah. Namun kita juga tidak bisa memaksanya,” ucap Kepala Disdukcapil Pulpis, Subagijo.

Menurut Subagijo, kepasifan tersebut tentunya akan berdampak pada data kependudukan di Kabupaten Pulang Pisau.

Subagijo juga menjelaskan, biasanya pada saat menjelang Pemilu, KPU akan melakukan cokclit ke rumah-rumah warga untuk melakukan pendataan secara manual. Hasilnya, kata Subagijo, akan disampaikan ke Dukcapil sehingga bisa dilakukan pemutahiran data.

Dari hasil Coklit KPU itu, nanti data kita update pemutahiran data sehingga mendapat data terbaru,” ucapnya.

Subagijo juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada salah satu anggota keluarga meninggal dunia untuk dapat berperan aktif melaporkan kepada pemerintah desa/kelurahan setempat atau bisa datang langsung ke kantor Dukcapil Pulang Pisau sehingga dapat dilakukan perubahan data kependudukan pada Kartu Keluarga atau KK.

”Kita berharap kepada masyarakat, jika ada salah satu anggota keluarga pindah domisili apa meninggal dunia segera memperbaharui data kartu keluarga (KK)," tandasnya. (ang)

Berita Terbaru