Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katma F Dirun: Hak Perempuan Wajib Tetap Dipenuhi dalam Situasi Kebencanaan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 November 2022 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kalteng, Katma F. Dirun mengingatkan pentingnya pemenuhan kebutuhan perempuan dalam situasi darurat kebencanaan.

Terutama dalam keadaan pascakebencanaan di lokasi darurat pengungsian sesuai dengan kebutuhan kaum perempuan.

“Perempuan sangatlah rentan menjadi korban dalam situasi bencana, karena pada dasarnya perempuan memiliki empat kodrat yakni menstruasi, mengandung, melahirkan, dan menyusui,” tuturnya di Hotel Neo Palangka Raya, Kamis, 17 November 2022.

Ia mengatakan pada kondisi pasca bencana masyarakat membutuhkan banyak perhatian, seperti sarana dan prasarana yang dibangun darurat.

“Namun terkadang tidak memperhatikan kebutuhan-kebutuhan khusus yang mampu menunjang pemenuhan hak atas kodrat kaum perempuan,” ucapnya.

Ia mengaku mendukung Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalteng memberikan sosialisasi kebijakan perlindungan hak perempuan dalam situasi darurat.

“Ini sangat penting untuk disosialisasikan, karena dalam kondisi apapun hak-hak perempuan itu wajib kita penuhi,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru