Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sebut Program Smart City di Palangka Raya Belum Tercapai

  • Oleh Hendri
  • 18 November 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Tantawi Jauhari menilai, visi misi kepala daerah untuk mewujudkan smart city sejauh ini belum menunjukan hasil yang optimal. Menurutnya program tersebut masih belum tercapai hingga menjelang akhir masa jabatan kepala daerah saat ini.

"Kalau yang namanya smart itu kan cerdas, artinya masyarakat semuanya sudah cerdas dengan didukung fasilitas sarana dan prasarana yang dikerjakan oleh pemerintah daerah. Nah, sejauh ini masih belum ada upaya untuk itu," katanya, Jumat, 18 November 2022.

Legislator Fraksi GNB itu mencotohkan soal layanan angkutan umum yang hingga saat ini tidak ada perubahan menuju gambaran smart city. Dia pun memberikan saran kepada pemerintah daerah untuk mengevaluasi capaian kinerja.

"Visi yang sudah dituangkan harus dievaluasi mana yang sudah terpenuhi dan mana yang belum. Apakah semuanya sudah tuntas atau masih ada hutang, itu harus dilakukan sebagai tolak ukurnya," ujarnya.

Dia menyebutkan agar program Smart City dapat tercapai, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan dalam pengembangannya. Sesuai dengan visi-misi Kota Cantik ada 3 tujuan pembangunan smart city, yakni Smart Economy, Smart Environment dan Smart Society.

"Seluruh indikator Smart City itu sendiri kuncinya ada pada kualitas masyarakat serta pemerintahnya. Jika tidak ada kerjasama dari kedua pihak, sudah pasti akan sangat sulit terlaksana dengan baik," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru