Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Pemdes Kembangkan Potensi Wisata

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 November 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mengajak sekaligus mendorong pemerintah desa (Pemdes) untuk mengelola dan mengembangkan potensi wisata di desa masing-masing sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Keanekaragaman hayati dan keunikan budaya di wilayah Kabupaten Lamandau amat melimpah dan memiliki potensi untuk dikembangkan dan dikelola menjadi daya tarik minat wisatawan, karenanya mesti kita kelola seoptimal mungkin,” kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Jumat 18 November 2022.

Menurutnya, keindahan alam dan keunikan adat budaya yang dimiliki setiap desa merupakan salah satu modal bagi pengembangan suatu desa menjadi destinasi wisata. Begitu juga dengan hasil produk kerajinan tangan warga yang merupakan warisan turun temurun.

“Jualannya adalah wisata alam berbasis lingkungan dan budaya yang berbeda dengan di tempat lain sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan,” ucap dia.

Orang nomor satu di Bumi Bahaum Bakuba itu mengatakan, pengelolaan destinasi wisata tidak bisa dikerjakan asal jadi tetapi dengan profesional. Pengelolaan wisata juga membutuhkan kerja sama banyak pihak dan dukungan berbagai disiplin ilmu secara partisipatif dan komprehensif guna mencapai hasil yang maksimal.

“Dengan demikian dapat memberikan nilai tambah dan menumbuhkan motivasi bagi desa yang lain,” ucapnya.

Dia mengajak para kepala desa mendukung penuh dengan memasukkan pengembangan dan pengelolaan potensi wisata desa ke dalam program Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD).

“Pengelolaan pariwisata desa yang baik akan menjadi sarana dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah sekaligus menjadi wadah membuka lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru