Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Gunung Mas Gelar Posyandu Akbar

  • Oleh Riska Yulyana
  • 18 November 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas bersama dengan Puskesmas Kurun dan Puskesmas Tampang Tumbang Anjir gelar kegiatan posyandu akbar yang dilaksanakan di taman kota Kuala Kurun pada Jumat, 18 November 2022.

"Selain untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), kegiatan posyandu akbar ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan penimbangan balita ke posyandu," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas Rina Sari, Jumat, 18 November 2022.

Dia melanjutkan bahwa saat ini pihaknya mengajak pihak terkait untuk mengejar angka kunjungan balita ke posyandu di Gunung Mas. 

Dengan jumlah kunjungan posyandu yang tinggi bisa membantu pihaknya untuk mendeteksi pertumbuhan dan perkembangan balita di Kabupaten Gunung Mas.

"Dengan meningkatkan angka kunjungan, kami bisa melihat bagaimana kondisi stunting, bagaimana under weight-nya, dan lainnya yang berkaitan dengan defisiensi gizi," terangnya.


Dengan begitu, harapannya, pihak Dinas Kesehatan dan pihak terkait bisa melakukan intervensi dini. Rina mengatakan, kunjungan balita ke posyandu di Kabupaten Gunung Mas sempat menurun ketika pandemi Covid-19 karena untuk menghindari kerumunan.

Namun seiring berjalannya waktu, pihak posyandu lebih inovatif dan kreatif untuk menarik para ibu untuk membawa anak-anaknya ke posyandu.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 8 posyandu lima dari Puskesmas Tampang Tumbang Anjir yakni Posyandu Mawar, Melati, Mekar, Manggis, Kasih Ibu, dan tiga dari Puskesmas Kurun yakni posyandu Harapan Kita, Harapan Baru dan posyandu Mawar.

Setelah dilakukan penimbangan, dan pemeriksaan kesehatan balita, para ibu juga diberi makanan tambahan untuk anak-anak mereka oleh pihak puskesmas. 

Untuk Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, telah menyediakan sejumlah dorprise bagi ibu-ibu yang datang membawa anaknya ke posyandu tersebut. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru