Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Komitmen Soal Keterbukaan Informasi Publik

  • Oleh Hendri
  • 22 November 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kota Palangkaraya Hera Nugrahayu memastikan pemerintahan saat ini tetap berkomitmen untuk menjaga keterbukaan informasi publik. Dia menilai, sejauh ini keterbukaan informasi sudah berjalan cukup baik.

Hal itu disampaikan Hera saat menghadiri rapat koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Luwansa, Selasa, 22 November 2022.

"Alhamdulilah sudah informatif ya. Kami juga berkomitmen dalam keterbukaan informasi publik, sebagai salah satu ciri penting daerah yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat berdemokrasi," katanya.

Seraya mendorong partisipasi dan kebijakan publik di masyarakat, mulai dari perencanaan kebijakan yang dilakukan secara inklusif sebagai mekanisme check and balance.

Selain itu dalam kehadirannya tersebut di dalam rapat, ada hal-hal baru misalnya memanfaatkan media sosial dan teknologi digital.

Terdapat pula 9 tugas dan fungsi PPID, salah satunya menyusun laporan tahunan pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi untuk disampaikan kepada pembina PPID dan Komisi Informasi Pusat yang nantinya bakal ada penganugrahan sebagai daerah yang dinilai informatif.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Kalteng, Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Herson B Aden yang membuka kegiatan tersebut berharap instansi terkait tidak berbelit-belit dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Pasalnya, kerap ditemui saat masyarakat meminta informasi yang layak disampaikan, saling lempar sehingga terkesan pelit informasi. Menurutnya, justru keterbukaan informasi memberitahu kepada masyarakat luas tentang apa yang dikerjakan pemerintah secara mudah.

"Keterbukaan informasi sangat penting, karena jika masyarakat tidak mengetahui informasi akan salah tangkap, yang seharusnya nilai pemerintah 8, karena informasi yang kurang dan tidak sampai jadi 5 saja," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru